Berita

Home / Berita Canggih

Membangun Toko Online Pertama Anda!



 

1. Mengubah Mindset

Ada hal yang perlu Anda ketahui sebelum memulai bisnis dan membangun toko online. Kebanyakan orang bermindset kalau mau bisnis online, pertama harus mencari produk dulu baru setelah itu mereka mencari audiencenya.

 

Itu adalah mindset yang kurang tepat. Sebenarnya yang harus Anda lakukan adalah :

-   Tahu siapa market Anda.

-   Temukan satu problem mereka.

-   Cari produk yang akan menjadi solusi.

 

Misalnya seperti ini. Dari awal tidak tahu market Anda tapi sudah menentukan produk. Mau menjual produk kecantikan tapi asal jual dan Anda tidak tahu apa yang menjadi problemnya. Siapa yang akan beli produk Anda nanti?

 

Akan lebih baik jika Anda tahu marketnya siapa. Kalau marketnya perempuan, dan mereka punya problem seperti wajah kusam, nah Anda bisa menentukan produk apa yang cocok dan menjadi solusi untuk mereka.

 

Kalau Anda main terjun saja ya bisa saja bisnis Anda berjalan, tapi ujung-ujungnya Anda akan kebingungan dan bertanya mengapa produk tidak laku ya. Anda tidak ingin hal itu terjadi kan?

Oleh karena itu, lakukan research terlebih dulu ya.

 

2. Memilih Tempat untuk Berjualan

Sudah tahu siapa marketnya, apa yang menjadi problem mereka, dan menemukan solusi, sudah waktunya masuk ke pemilihan tempat untuk berjualannya nih.

 

Ada yang 2 opsi untuk Anda :

a. Opsi A bisa Anda gunakan kalau awalnya Anda belum punya cukup dana untuk membangun sebuah web Anda sendiri.

b. Saat ini Anda bisa mengandalkan platfrom social media seperti Facebook dan Instagram untuk menjadi lapak online.

 

Atau bisa juga Anda membuka akun untuk menjadi penjual di platform marketplace seperti :

-   Tokopedia

-   BukaLapak

-   Elevania

-   Shopee

 

Ada hal yang perlu Anda perhatikan, kalau Anda terlalu bergantung pada social media dan marketplace seperti di atas, Anda mungkin bisa menjangkau market Anda dengan cepat. Tapi Anda tidak bisa mengumpulkan data email, seandainya bisa pun Anda akan mengumpulkannya secara manual alias harus minta satu-persatu. Ini akan memakan waktu, tenaga, dan pikiran Anda.

 

Opsi lainnya adalah membangun website toko online, dengan membangun website took online anda akan di Permudah untuk mengelola Bisnis Online Anda.

-          Meningkatkan kredibilitas online shop

-          Tidak ada double booking

-          Mengelola stok barang lebih mudah

-          Tidak perlu banyak admin untuk cek WA Admin

-          Pelanggan dapat cek Resi sendiri

-          Terhubung dengan sistem pembayaran online

-          Jangkauan penjualan lebih luas

Anda bisa membangun website toko online di www.canggih.co.id/canggih yang selalu siyap membantu anda.

 

3. Lakukan Promosi

Ini langkah berikutnya yang paling menantang. Ketika Anda sudah menentukan opsi mana yang Anda gunakan, lakukan promosi! Promosinya lewat mana? Fokuskan dulu ke social media. Anda perlu menyusun konten yang keren, berbobot dan menarik untuk disebarkan. Gunakan gaya kalimat yang santai dan bersahabat sehingga mudah dimengerti oleh para pembaca. Di Facebook Anda bisa buat grup dan add orang-orang untuk bergabung ke dalam page atau Anda bisa post di timeline Anda.

 

Lakukan 2 hal ini untuk memaksimalkan kegiatan promosi bisnis Anda.

-          Kalau di Instagram, Anda bisa memanfaatkan fitur Instagram Stories.

-          Seandainya Anda sudah punya web sendiri dan ingin mengalihkan kegiatan jual beli dari social media langsung ke toko online Anda, sertakan linknya ke dalam konten.

 

Ini akan membantu Anda dalam menyelamatkan data customer dan dijadikan untuk kegiatan follow up dan bisa jadi akan ada repeat order dari customer yang sudah pernah membeli produk dari Anda.

 

Praktikkan Sekarang Juga!

Anda membaca artikel ini sampai akhir? OK! Kalau begitu selamat! Wawasan Anda semakin bertambah dan pastinya Anda sudah siap untuk memulai bisnis online pertama Anda!

 

Mungkin awalnya terdengar rumit, tapi ketika Anda sudah menjalankannya, semua akan terasa ringan!

 

Yang terpenting adalah ada tetap tekun, berusaha dan bersabar karena semua butuh yang namanya proses. Cepat atau lambat, hasilnya akan terlihat dan pada akhirnya Anda bisa menikmati hasilnya.

 

Selamat mempraktikkan! Semoga semakin sukses !!!


2019-07-25